Terekam CCTV, Dua Pengutil Baju Diringkus

KEDIRI, KOMPAS.com — Kepolisian Sektor Kediri Kota, Jawa Timur, mengamankan Alex Triandoko (27) dan Puji Slamet (41), dua pengutil baju di sebuah pusat perbelanjaan di Kediri. Kedua warga asal Mojokerto tersebut tertangkap setelah aksinya terekam kamera pengintai atau CCTV.

Kepala Subbagian Humas Polres Kediri Kota Ajun Komisaris Surono mengatakan, kedua pelaku diamankan saat hendak keluar dari retail Ramayana, Senin (12/2/2013), oleh petugas pengamanan internal supermarket yang sudah mengawasi perbuatan mereka melalui CCTV. Barang bukti berupa empat potong jaket disembunyikan di balik baju tersangka.

"Kini keduanya masih dalam proses pemeriksaan penyidik," kata Surono, Selasa.

Surono menambahkan, dari pemeriksaan itu diketahui masih ada dua tersangka lain yang terlibat dan kini masih dalam pengejaran petugas. Jika dilihat dari modus yang digunakan, ia menduga para pelaku adalah anggota sindikat spesialis pencurian baju di pusat perbelanjaan.

Tersangka Alex Triandoko mengaku, setiap anggota mempunyai tugas dan peran masing-masing. Tersangka Eko (DPO) bertugas sebagai pengambil baju yang terpajang di rak, lalu diserahkan ke tersangka Puji Slamet untuk dibawa ke kamar ganti. Dari kamar ganti itu kemudian diserahkan ke Alex untuk dibawa keluar.

"Saya sembunyikan (baju curian) di balik jaket saya," kata Alex Triandoko saat ditemui di Mapolsek Kediri Kota.

Ia juga mengaku baru sekali ini mencuri dan itu pun karena ajakan tersangka Eko. Ia mengaku telah diperdaya Eko karena sebelumnya hanya diajak berbelanja.

Kini para tersangka masih diamankan di Mapolsek Kediri Kota. Sementara barang buktinya berupa empat jaket senilai Rp 1,6 juta.

 

Sumber : Kompas.com